Pengertian GNU/GPL Di Dalam Linux


Pengertian GNU/GPL Di Dalam Linux






A. Latar Belakang

 Untuk melengkapi tugas harian di tempat prakerin saya yaitu BLC Telkom Klaten

B. Maksud Dan Tujuan

Agar Pembaca mengerti GNU itu adalah Suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard StallmanS untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yag sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut.


C.Pembahasan
 
    GNU adalah singkatan dari GNU's Not Unix. Disebabkan utiliti-utiliti dari  proyek sistem operasi bebas GNU - tanpa ini sistem Linux tidak akan menyerupai sistem Unix dalam perspektif pengguna - Richard Stallman dari GNU/FSF memohon agar kombinasi sistem (proyek GNU dan kernel Linux), disebut sebagai "GNU/Linux". Pengguna distribusi Linux dari proyek Debian lebih cenderung menggunakan nama tersebut. Kebanyakan pengguna lebih mudah menggunakan istilah "Linux".

Lalu apa itu GPL??

      GPL merupakan Singkatan dari General Public License atau dalam bahasa indonesia Lisensi publik umum merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya di tulus oleh Richard Stallman Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. GPL terakhir lisensi ini, yaitu versi 3, dirilis 27 Juni 2007. GNU Lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library.

Sekian itulah Apa itu GNU/GPL dalam Linux,

D. Hasil Dan Kesimpulan

Sekarang kita sudah tau apa itu GNU/GPL di dalam linux. GNU adalah singkatan dari GNU's Not Unix. Dan GPL adalah GPL merupakan Singkatan dari General Public License atau dalam bahasa indonesia Lisensi publik umum merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya di tulus oleh Richard Stallman Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya

Referensi GNU : https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
Referensi GPL :  https://id.wikipedia.org/wiki/Lisensi_Publik_Umum_GNU

No comments:

Post a Comment