Perbedaan Mysql Dan Mariadb


Perbedaan Mysql Dan Mariadb


A. Pengertian

1. MariaDB

MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB. Implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MariaDB, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.

2. MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

B. Maksud Dan Tujuan

Agar para pengunjung/pembaca bisa memahami perbedaan antara MariaDB dan MySQL.

C. Pembahasan

MySQL dan MariaDB merupakan software manajemen database berbasis SQL yang cukup populer dan banyak digunakan. Beberapa dari kita mungkin lebih mengenal MySQL daripada MariaDB. Atau beberapa diantara kita mungkin pernah mendengar anjuran atau saran dari orang lain untuk mengganti MySQL dnegan MariaDB. Selain itu, beberapa diantara kita mungkin masih bertanya-tanya tentang perbedaan MySQL dan MariaDB. Karena itulah, kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai perbedaan MySQL dan MariaDB sebagai software manajemen database berbasis SQL.
Perbedaan MySQL dan MariaDB

MariaDB pada dasarnya merupakan fork atau versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Jadi MariaDB merupakan versi MySQL yang dikembangkan oleh komunitas dan bersifat terbuka, berbeda dengan MySQL yang saat ini dimiliki oleh perusahaan Oracle. MariaDB muncul sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yang dikembangkan oleh komunitas yaitu MariaDB.

Jadi, pada awalnya Michael “Monty” Widenius (Pendiri MySQL AB) menbuat software manajemen database yang kita sebut sebagai MySQL sekarang ini, kemudian pada tahun 2009, MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystem yang pada akhirnya Sun Microsystem diakuisisi oleh Oracle. Selanjutnya Michael “Monty” Widenius memilih untuk meninggalkan MySQL dan membuat proyek baru dari kode sumber yang sama denga MySQL, bernama MariaDB.

Kehadiran MariaDB sendiri bertujuan menghadirkan versi open source dari MySQL, karna pada kenyataannya sekalipu MySQL menggunakan  lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi Oracle juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang begitu signifikan antara MySQL dan MariaDB. File database dari MySQL dapat berjalan pada MariaDB, begitu juga sebaliknya karena MariaDB kompatibel dengan MySQL. Selain itu penomeran versi MariaDB mengikuti MySQL, hal ini sebagai indikasi bahwa versi MariaDB 5.x kompatibel dan bekerja selayaknya dengan MySQL 5.x.

Walaupun MariaDB kompatibel dengan MySQL, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan fitur, dan juga permasalah kompatibilitas antara lain :
  • MariaDB menyertakan semua engine open source yang populer, tidak ada InnoDB, sebagai gantinya digunakan XtraDB.
  • MariaDB mengklaim memiliki peningkatan kinerja dan kecepatan dibandingkan dengan MySQL
  • Terdapat beberapa ekstensi open source baru yang dimiliki MariaDB, akan tetapi tidak dimiliki oleh MySQL
  • MariaDB mengklaim telah memenuhi standar SQL99 Complete, sebagaiman halnya dengan MySQL. Sehingga tidak akan ada perbedaan dalam query pada MariaDB ataupun MySQL.
D. Refrensi

http://programmers.stackexchange.com/questions/120178/whats-the-difference-between-mariadb-and-mysql
https://mariadb.com/kb/en/mariadb/mariadb-vs-mysql-features/
https://mariadb.com/kb/en/mariadb/mariadb-vs-mysql-compatibility/
https://id.wikipedia.org/wiki/MariaDB
https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL

No comments:

Post a Comment