Sejarah Sistem Operasi & Jenis Sistem Operasi


Sejarah Sistem Operasi & Jenis Sistem Operasi

 A. Pengertian

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

B. Maksud Dan Tujuan

Agar para pembaca bisa memahami sejarah dan mengenal macam macam sistem operasi.

C. Pembahasan

Seperti kita ketahui, system operasi yang umum digunakan oleh kebanyakan computer, terdiri dari 3 keluarga atau 3 kelompok, yaitu keluarga Microsoft Windows, keluarga Unix, dan keluarga Mac OS.
Sedangkan untuk computer mainframe dan super computer menggunakan banyak sekali system operasi yang berbeda-beda, umumnya turunan dari sitem UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, Hp/UX,dll.
Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi.
  • Generasi Awal perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
  • Generasi Kedua Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch proccessing System.
  • Generasi Ketiga Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).
  • Generasi Keempat Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.
  • Generasi Selanjutnya Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.
Pada saat ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di PC.

1. Sistem Operasi (Operating system / OS)

Merupakan komponen pengolahan peranti lunak dasar tersistem sebagai pengolah sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perngkat lunak . sistem operasi sagatlah penting dalam komputer karena kalau tidak ada sistem operasi maka pengguna tidak dapat menjalankan program apliaksi pada komputer mereka , kecuali program booting.

Secara umum ,Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan /booting.sedangkan software-software lainya di jalankan setelah sistem operasi berjalan ,dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software lainya ini. layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori , penjadwalan tugas schedule task , dan antar-muka user GUI/CLI.

 Contoh sistem operasi modern adalah
  1. Linux
  2. Android
  3. iOS
  4. Mac
  5. OS X
  6. Microsoft windows
Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fugsi-fungsi standar,dimana aplikasi lain dapat memangil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru  , tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme boot, adalah meletakkan karnel ke dalam memory
  2. Karnel,adalah inti dari sebuah sistem operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya
2. Macam - Macam sistem operasi saat ini:
   
Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer PC ,komputer personal) dibagi menjadi 3 kelompok besar :

Microsoft Windows




Yang antara lain terdiri dari Windows Destop Enviroment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95,98 ,dan Windows ME) dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0,Windows 2000, Windows 2000, Windows xp , Windows server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 ,windows 8 , Windows 10 ).

Linux/Unix 


 

Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Mac OS

 

adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Fungsi Sistem Operasi :

Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk diguanakan .
Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
Sistem operasi yang disusun / diprogram sedemikian rupa yang efektif dan efisien , dapat melakukan pengujian sistem tanpa menggangu layanan yang telah ada.


Kesimpulan :

Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

D.Refrensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
https://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS
https://id.wikipedia.org/wiki/OS_X  

No comments:

Post a Comment